Peresmian Bandara Frans Seda Maumere

Maumere sedang berbenah, membersihkan daerah dan mempercantik kota. Hal ini bukan saja karena menyambut bulan Agustus, tapi sebuah hal bersejarah untuk kota Maumere akan segera berlangsung yaitu peresmian Bandara Frans Seda.

Bandara tersebut sebelumnya lebih dikenal dengan nama Bandara Wai Oti.

Saat saya tiba di Maumere, saya sempat mengabadikan persiapan acara itu berlangsung. Foto ini menceritakan lebih banyak dari yang saya dapat ceritakan.

bandara frans seda maumere

Rencana peresmian jatuh pada tanggal 9 Agustus 2010. Persemian akan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Bapak Freddy Numberi .

Dalam rangkaian acara yang sama juga akan di resmikan perubahan nama Pelabuhan Laut Sadang Bui menjadi Pelabuhan Laut Laurentius Say atau yg disingkat menjadi L. Say (baca: El Say).  Berdasarkan penelusuran internet Bapak L. Say adalah Bupati Sikka yang ke 2 dengan masa jabatan 1967 – 1977.

Pelabuhan L Say Maumere Flores NTT

Nama Sadang Bui sendiri berarti Sandar menunggu/menanti.

Saya tidak cukup paham akan polemik terkait pergantian nama ini, untuk mengikuti polemik dan wacana itu silahkan baca ini atau ini.

Soal ketokohan Bapak Frans Seda saya kira kita cukup familiar terhadap tokoh nasional ini, silahkan menelusuri literatur mengenai prestasi beliau.

Saya suka tulisan Frans Angal mengenai hal ini.

semangat🙂

untuk sejarah pelabuhan dan bandara tsb bisa membaca riwayat singkat sejarah singkat B. wai oti & P. Laut sadang bui dapat baca di sini.

Tinggalkan Balasan

