Moke & Sopi

POS KUPANG edisi 11 Sept 2009, hal.2

Minuman Keras (miras) lokal NTT yang dikenal dengan nama “Sopi” atau “Moke” dinyatakan sebagai miras golongan C karena memiliki kandungan alkohol sekitar 22-55% oleh Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya pada acara Penyuluhan, pencegahan peredaran penggunaan Minuman Keras dan Narkoba di Kupang tanggal 09-09-2009.

Beliau menambahkan, sekitar 70% penduduk NTT bermatapencaharian sebagai petani, dari total 70% tersebut sekitar 15% hidup sebagai penghasil miras. Para petani penghasil miras ini kadang merasa terhambat dalam usahanya karena sering berhadapan dengan aparat hukum.

Untuk menjembatani dua kepentingan tersebut Gubernur mengusulkan agar Dinas Perindag dapat mencermati hal ini dan mencari jalan keluar yang tepat, misalnya dengan mengatur tata niaga miras lokal tersebut.

http://www.pos-kupang.com/read/artikel/35102

klik gambar utk memperbesar

6 responses to “Moke & Sopi

    • saya cantumkan fotonya saja🙂
      cara pembuatannya yah di fermentasi, detailnya di masak kemudian diambil uapnya, lebih jauh saya tidak tahu🙂

  1. boleh minta tolong nggak aku di kasih bahan dan cara pembuatan macam2 jenis miras tradisional NTT. aku lg butuh banget nih buat penelitian. BTW, salam kenal ya

    • bahan dasarnya nira aren atau enau yg di fermentasi, soal campurannya itu terserah sipembuat sih. itu aja mas, saya juga kurang tahu soal itu. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s